nurhadisetia

nurhadisetiaWordPress.com site

Tip dan Trik Membuat Desain Web dan Website

Tinggalkan komentar

Jika anda puas dengan hasil kerja anda membangun atau Desain Website dengan fasilitas template, sudahlah cukup sampai disini. Tetapi jika anda tidak puas dengan apa yang anda buat, dan anda merasa ingin lebih baik, maka anda perlu mengetahui bagaimana Web Designer membangun suatu Desain Website, terlepas anda punya bakat seni atau tidak.

Unik : Dalam membuat karya apapun seorang designer harus mempunyai keunikan atau perbedaaan dari karya orang lain. Begitu pula seorang Web Designer harus dapat membuat sendiri seperti layout, icon, animasi, button, dll.

Komposisi : Seorang Web Designer selalu memperhatikan komposisi warna yang akan digunakan dalam website yang dibuatnya. Pergunakan selalu Palette 216 WebColor, yang dapat diperoleh dari Adobe.com, hal ini untuk mencegah terjadinya dither pada image yang berformat GIF. Dalam membangun dan Desain Web suatu perusahaan, Web Designer selalu menyesuaikan warna yang digunakan dengan Corporate Color perusahaan tersebut.

Simple : Web Designer banyak yang menggunakan prinsip “Keep it Simple¡”, hal ini ditujukan agar tampilan website tersebut terlihat rapi, bersih dan juga informatif.

Semiotik : Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda-tanda. Dalam hal ini diharapkan dengan melihat tanda atau gambar, user/ audience dapat dengan mudah dan cepat mengerti. Sebagai contoh: Jangan membuat gambar/image yang berkesan tombol, padahal itu bukan tombol/ link.

Ergonomis : Web Designer selalu memperhatikan aspek ergonomic dalam sebuah Desain Web. Ergonomi disini adalah dalam hal kenyamanan user dalam membaca dan kecepatan user dalam menelusuri website tersebut. Web Designer memilih ukuran Fonts yang tepat sehingga mudah dibaca, Web Designer menempatkan link sedemikian rupa sehingga mudah dan cepat untuk di akses dan lebih penting lagi adalah Informatif.

Fokus : Tentukan hirarki prioritas dari pesan yang akan disampaikan, misalnya: Judul harus besar, tetapi jangan sampai akhirnya akan konflik dengan subjudul yang berukuran hampir sama. Hal ini akan membingungkan user/audience untuk menentukan pesan mana yang harus lebih dahulu dibaca/ dilihat.

Konsisten : Tentukan font apa yang akan digunakan sebagai Body-text, Judul, Sub Judul dan sebagainya, sehingga website tersebut akan terlihat disiplin dan rapi. Sesuaikan jenis huruf yang digunakan dengan misi dan visi website tersebut, misalnya: hindari menggunakan font Comic dalam membangun website suatu perusahaan resmi.

Demikian beberapa aspek dan prinsip yang digunakan Web Designer dalam membuat website, selebihnya merupakan ekspresi dari pembuat Desain Web itu sendiri yang terwujud dalam penggayaan penyusunan website.

Software-software pembuat suatu website

  • Desain : Untuk membuat desain suatu homepage biasanya para web designer dimulai dengan software ini sebagai tampilan sementara atau dalam membuat layout homepage.
  • Adobe Photoshop : Desain berbasis titik (bitmap)
  • Adobe Image Ready : Memotong gambar-gambar ke dalam format html
  • Adobe Illustrator : Desain berbasis vector
  • CorelDraw : Desain berbasis vector
  • Macromedia Freehand : Desain berbasis vector
  • Efek Desain : Hal ini dilakukan untuk menghidupkan desain yang telah kita rancang. Seperti menambah efek cahaya, textur dan manipulasi teks.
  • Dan banyak lagi software lainnya.

Penulis: nurhadisetia

Bahwa bukan keindahan fisik yg utama,tetapi akhlak,moral,dan perilakunya. Bukan pula kecantikan wajah yg melenakan,namun ketawadhu'an yg memikat jiwa,angun,sopan,ramah,sholehan. Betapa semua itu akan menjadi aura yg terpancar dan menjadi wanita sholehah seperti ustadzah/mutiara. Semua orang bukan termasuk aku bukan manusia yg sempurna yg bisa menahan rasa perih,walau semua bisa jadi ap yg aku inginkan. Tapi terbang bersamamu untuk mengapai yg kita inginkan yaitu masuk surga semua manusia mengiginkan itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s